Cari Blog Ini

Rabu, 03 April 2013

pendahuluan


Pengantar Komputasi Modern

Pendahuluan


 1.       Teori Komputasi

       Pada dasarnya Komputasi bisa diartikan yaitu suatu cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data inputan dengan menggunakan suatu algoritma.sedangkan Komputasi Modern sendiri berarti cabang ilmu matematika dan ilmu komputer yang merupakan seuatu cara yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah dengan menggunakan algoritma dan alat tertentu yaitu komputer.

komputer modern terbagi menjadi 3 macam,yaitu:
  • Mobile Computing
         Mobile computing memiliki beberapa penjelasan, salah satunya adalah kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
  • Grid Computing  
         grid computing menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
  • Cloud Computing
         cloud computinh merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

2.       Implementasi Komputasi 

      Disini saya akan mengambil contoh implementasi komputasi pada bidang ilmu Geografi.dulu sebelum majunya teknologi,jika seseorang ingin berpergian jauh atau hanya sekedar ingin belajar geografis bumi harus melihat atlas atau peta secara manual.sekarang dengan sudah majunya ilmu komputer dan teknologi informasi kita dapat melihat geografis bumi hanya melalui komputer yang terintegrasi dengan internet.cukup membuka https://maps.google.com/ di browser dan kita dapat melihat geografis bumi lebih mudah.


       Selain melalui komputer,google map bisa di akses melalui smartphone,salah satunya melalui android.dengan bisa melihat geografis bumi atau tempat yang ingin dituju melalui smartphone ini membuktikan implementasi komputasi pada bidang geografi mempermudah kerja kita dari pada harus secara manual membuka atlas atau peta.




sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_komputasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar