Cari Blog Ini

Rabu, 03 April 2013

Pengantar Komputasi Cloud

    1. Pendahuluan

              Komputasi cloud atau cloud computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan internet.cloud atau awan disini adalah metafora dari internet yang dimana digambarkan dari sebuah infrastruktur kompleks suatu jaringan komputer yang disembunyikan sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat internet.selain itu menurut makalah tahun 2008 yang dipubilkasikan  IEEE internet computing “cloud computing adalah suatu paradigma dimana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan secara sementara tersimpan di komputer pengguna”.
  
     2. Komputasi Grid


           Komputasi Grid adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputeryang terpisah secara geografis tetapi tersambung dengan jalur komunikasi atau biasanya internet untuk memecahkan persoalan komputasi berskala besar.       
           Awal mula komputasi grid adalah distributed computing yaitu mempelajari penggunaaan komputer yang terkoordinasi walaupun secara fisik terpisah.

   3. Virtualisasi


            Virtualisasi memiliki salah satu pengertian adalah sebuah teknik untuk     menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. 

   4. Komputasi Terdistribusi Pada Cloud Computing 

            pada dasarnya dengan seiringnya maju teknologi maka kegiatan atau pekerjaan kita menjadi lebih mudah.komputasi terdistribusi sendiri memiliki arti mempelajari penggunaan terkoordinasi dari komputer yang secara fisik terpisah atau terdistribusi. Sistem terdistribusi membutuhkan softwere yang berbeda dengan sistem terpusat
            jadi, server data yang hadir dalam lautan awan, Anda dapat setiap saat Kapan, dan di mana saja untuk dengan aman dan nyaman untuk mengakses atau berbagi dengan orang lain. Cloud computing membuat Internet ke setiap pusat penyimpanan pusat data.

   5. Map reduce dan noSQL(Not Only SQL) 
            Map reduce adalah sebuah framework pemrograman untuk memproses data yang berukuran besar,biasanya digunakan untuk komputasi terdistribusi pada kumpulan komputer.

           NoSQL (singkatan dari Not Only SQL) adalah tipe database yang sangat jauh berbeda dengan konsep RDBMS(Relational Database Management System) ataupun ODBMS(Objecy Oriented Database Management System). Perbedaan utamanya karena tidak mengenal istilah relation dan tidak menggunakan konsep schema. Kalau biasanya dapatmenggunakan query 'Join’ di sini tidak bisa menggunakannya karena setiap tabel berdiri sendiri tanpa tergantung dengan tabel lainnya alias independen.

          Selain itu di dalam konsep DBMS biasanya sebelum insert data diharuskan untuk mendefinisikan terlebih dahulu struktur tabel seperti tipe data dan ukurannya, di konsep NoSQL ini bisa menyimpan data tanpa perlu mendefinisikan tipe data dan ukurannya lagi. Jadi lebih fleksibel bila ada perubahan di masa mendatang.  Adapun beberapa database NoSQL yang ada saat ini yaitu Cassandra, Big Table, CouchDB, Redis, Riak, Dynamo dan lainnya.

   6. noSQL Database

sejarah
            Istilah NoSql pertama kali digunakan pada tahun 1998 sebagai nama untuk open source database yang ringan tidak mengekspos antarmuka SQL. Penulisnya, Carlo Strozzi, mengklaim bahwa sebagai gerakan NoSql “ berangkat dari model relasional yang lebih tepat disebut NoREL atau sesuatu yang berpengaruh. Istilah ini diperkenalkan kembali pada awal 2009 oleh karyawan Rackspace, Eric Evans, ketika Johan Oskarsson dari Last.fm ingin mengorganisir sebuah acara untuk membahas open source database terdistribusi .

kelebihan
        •Vendor relasional database besar (Oracle, IBM, Sybase dan Microsoft) merupakan andalan untuk menyimpan data.  
        •Pertumbuhan internet yang semakin besar (mereka mencari RDBMS yang berbiaya rendah seperti MySQL dan PostgreSQL) 
        •Pengunjung web yang besar menyebabkan lalu lintas data yang besar sehingga dapat mengakibatkan “efek slash dot”





sumber:
- http://www.diskusiweb.com/discussion/41339/mengenal-mongodb-open-source-database-nosql-document-oriented/p1
- http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_terdistribusi
- http://id.prmob.net/cloud-computing/ibm/teknologi-informasi-2519054.html 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar